Sabtu, 10 November 2012

Media “Ular Tangga Fisika” untuk Pembelajaran Fisika

A. Pengenalan Media

Media pembelajaran ini menggunakan prinsip kartu dadu pada permainan ular tangga.  Pada media pembelajaran ini, guru diminta untuk membuat kartu soal, bintang fisika, dan desain papan permainan ular tangga yang desainya menggunakan basis fisika  . Gambar yang di masukan dalam papan permainan adalah gambar yang berkaitan dengan Konsep Kinematika gerak Lurus dalam konsep fisika.
            Media ini dimaksudkan untuk mengajak siswa bermain sambil belajar, bisa dalam kelompok ataupun individu. Setelah penggunaan media “Ular Tangga Fisika” ini diharapkan siswa dapat lebih memahami materi pelajaran  .


Berikut desain papan permaianan ular tangga untuk materi Kinematika Gerak Lurus :




 


B. Cara penggunaan Media
Media “Ular Tangga Fisika” ini sebaiknya dimainkan perkelompok (atau perwakilan kelompok) diharapkan siswa dapat berdiskusi didalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan untuk setiap kotak ular tangga.
            Setelah semua instrumen disiapkan untuk mendia ini, dimulai dari :
1.      Switch : penentuan siapa yang bermain duluan, guru memberikan satu pertanyaan pembuka.yang bisa menjawab berhak menentukan urutan permainan anggota.
2.      Ketika kotak dadu dilempar, maka : 
a.      Setiap perwakilan peserta wajib menjawab pertanyaan pada setiapkolom yang telah dipersiapkan .
b.      Untuk jawaban Benar : maka berhak dapat bintang fisika orange (skor 10)
c.       Untuk jawaban salah Salah : minus 2, point dikurangi.
3.      Guru dan peserta memiliki andil untuk menilai jawaban kelompok yang mendapat pertanyaan. Setiap kelompok berhak menyanggah, kemudian memberikan jawaban yang tepat. Jika jawaban yang diberikan :
a.      Benar : mendapat bintang Merah ( skor 20)
b.      Salah : pengurangan skor 1.
4.      Setiap pemain yang mendapat tangga untuk naik, mendapat tambahan skor 5. Jika peserta terkena ekor ular maka  jika jawaban pada kolom :
a.      Benar keduanya akan dapat bintang merah dan bintang orange.tanpa pengurangan nlai 2.
b.      Benar salah satu dapat bintang merah dan minus 2.Kemudian pertanyaan dilemprkan ke kelompok lain jika ada yang mau jawab.
c.       Salah semua, maka akan diberikan nilai minus 5.
5.      Apabila kotak yang telah pernah di masuki oleh kelompok lain, maka pertanyaan dilemparkan oleh kelompok yang telah menjawab kotak itu ( jika jawaban telah terjawab pada pemain terdahulu), namun jika pemain terdahulu salah maka pertanyaan serupa akan diberikan lagi atau guru memberikan pertanyaan alternatif. 

C. Konsep Pertanyaan untuk  setiap Kolom
  •  Berikut Kartu soal untuk setiap kotak pada ular tangga :

1.      Start  : mendapat Skor  awal 25. Tanpa pertanyaan.
2.      Apa yang dimaksud dengan besaran Vektor ??Berikan Contoh ...
3.      Suatu kereta api bergerak ke arah utara sejauh  20km, kemudian bergerak ke timur sejauh 5km , tentukan besarnya perpindahan dan jarak tempuh kereta api ?
4.      Sebutkan besaran Vektor dan Skalar dari Gerak Lurus ?
5.      Sebuah pesat mwnwmpuh jarak sejauh 500 km, selama 30 menit. Tentukan besarnya kelajuan rata-rata pesawat itu.
6.      Apa itu kecepatan sesaat ? Jelaskan hubunganya  dengan selang waktu.
7.      Sebutkan rumus untuk percepatan rata-rata da berikan penjelasan singkat.
8.       Jelaskan secara singkat besaran fisika posisi, jarak, kecepatan dan percepatan
9.      Apa yang dimaksud dengan percepatan sesaat  ?
10.  Sebuah kereta api melakukan GLB sepanjang lintasan yang lurus.Pada pukul 12.00 kereta berada pada posisi 20km. Bila kecepatan kereta adalah 72 km/jam, dimanakah posisi kereta api pada pukul 12.10 ?
11.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan GLB memiliki kecepatan konstan ?
12.  Ceritakan bagaimana hasil percobaan menggunakan ticer timer pada GLB ?
13.   Bagaimana ketinggian benda / troli saat percobaan menggunakan ticer timer GLB ?
14.  Mengapa kecepataan merupakan vektor ?Jelaskan menggunkan contoh.
15.  Kenapa speedometer digunakan hanya untuk mengetahui kelajuan sesaat ?
16.  Apakah yang menjadi ciri khus GLBB dari gerak yang lain? Bila ditinjau dari kecepatanya?
17.  Apa contoh Gerak Lurus Beraturan dalam kehidupan sehari –hari ?
18.  Sebutkan contoh Gerak Lurus Beraturan dalam Kehidupan  sehari-hari ?
19.  Posisi seekor kumbang dinyatakan oleh vektor  Bebearapa saat kemudian , posisi kumbang menjadi  . Berapa vektor perpindahan dan besar perpindahan kumbang ?
20.  Ceritakan bagaimana hasil percobaan GLBB menggunakan ticer timer ?
21.  Bagaimana ketinggian benda / troli saat percobaan menggunakan ticer timer GLBB ?
22.  Apa yang dimaksud dengan besaran “posis” dalam Kinematika gerak lurus?
23.  Bagaimanakan bentuk kurva percobaan ticer timer pada GLBB ?
24.   Berikan persamaan untuk kecepatan sesaat !
25.  Posisi sebuah partikel setiap saat dinyatakan oleh persamaan  . Tentukan vektor posisi partikel itu.
26.   Ceritakan hasil percobaan GLB dengan mengacu pada hasil grafik yang dihasilkan ?
27.  Sebutkan ciri gerak lurus Beraturan ?
28.  Bagaimanakan nilai percepatan benda jika kecepatanya konstan?
29.  Bagaimana bentuk Grafik GLBB Dipercepat? Grafik Kecepatan terjadap waktu .
30.  Kenapa kecepatan pada GLBB berubah-ubah? Kaitkan dengan percobaan ticer timer.
31.  Kenapa kecepatan pada GLBB dapat bernilai positif? Apa maksud dari nilai positif itu?
32.  Kenapa percepatan pada GLB itu sama dengan nol?
33.  Berikan contoh gerak Lurus Berubah beraturan yang kamu ketahui ?
34.  Bagaimanakan percepatan motor yang bergerak dengan kecepatan konstan ?
35.  Apa yang dimksud dengan kecepatan sesaat ?
36.  Sebutkan syarat suatu benda dikatan Bergerak Lurus Beraturan ?
37.  Berikan contoh GLBB secara umum yang kamu ketahui ?
38.  Sebutkan ciri-ciri garak jatuh Bebas ?
39.  Ceritakan hasil percobaan GLB dengan mengacu pada hasil grafik yang dihasilkan ?
40.  Bagaimana bentuk Grafik GLBB Diperlambat? Grafik Kecepatan terjadap waktu .

41.  Bila bulu ayam dan apel di jauhkan dari atas gedung dengan ketinggian tertentu, menurutmu mana yang terlebih dahulu  samapi ke permukaan bumi? Jelaskan !
42.  Bagaimanakah nilai grafitasi benda jika berada pada ketinggian tertentu?
43.  Kenapa terjun payung merupakan contoh dari Gerak Jath Bebas ? jelaskan menggunakan konsep GLBB.
44.  Kenapa massa benda tak mempengaruhi pada gerak jatuh Bebas?
45.  Kenapa gerak jatuh bebas termasuk dalam GLBB ?tinjau percepatanya.
46.  Sebutkan ciri dari gerak jatuh bebas? Bila di tinjau dar kecepatan awalnya?
47.  Bagaimana cara menentukan  nilai percepatan  pada gerak jatuh bebas?
48.  Berapakah kecepatan sebuah benda saat jatuh bebas dari ketinggian 5 m saat tepat tiba di tanah (anggap g = 10 m/s2 )?
49.  Seekor monyet menjatuhkan buah durian dari pohonnya (g = 10 m/s2). Dari ketinggian berapa buah itu dijatuhkan bila dalam 1,5 s buah itu sampai di tanah? Berapa kecepatan durian itu, 1 s sejak dijatuhkan?
50.  Selamat, ada mendapat tambahan point 30 ! 


Berikut soal alternatif yang diberikan :  
1.      Apa yang membedakan vektor dan jarak tempuh ?  
2.      Apakah yang membedaka keceapatan rata-rata dengan keceatn sesaat ? 
3.      Bagaimana mencari ketinggian maksimum pada  gerak parabola ? 
4.      Mungkinkah perpindahan sebuah benda lebih besar dari pada jarak tempuhnya ? Jelaskan ! 
5.      Percepatan sesaat dari sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan konstan selalu tetap ? Apakah pernyataan ini benar ? 
6.     Apakah yang membedakan Gerak Lurus Beraturan dan Grak Lurus Berubah Beraturan ?

 
D. Akhir penggunaa Media
a. Media ini digunakan dengan batasan waktu tertentu, disesuaikan dengan RPP.
b. Pada saat batas akhir waktu, maka permaianan dihentikan dan dilakukana perhitungan skor untuk masing-masing kelompok.
c. Kelompok yang memiliki point skor tertinggi diberikan penghargaan berupa point nilai dan hadiah yang telah dipersiapkan oleh guru.



4 komentar:

Media pembelajaran fisika dengan Ular tangga Fisika...

kl boleh tw ini penelitian anda?

menginspirasi, sukses selalu..

Posting Komentar