A. Pengenalan Media
Media pembelajaran ini menggunakan prinsip
kartu dadu pada permainan ular tangga.
Pada media pembelajaran ini, guru diminta untuk membuat kartu soal,
bintang fisika, dan desain papan permainan ular tangga yang desainya
menggunakan basis fisika . Gambar yang
di masukan dalam papan permainan adalah gambar yang berkaitan dengan Konsep
Kinematika gerak Lurus dalam konsep fisika.
Media ini dimaksudkan untuk mengajak
siswa bermain sambil belajar, bisa dalam kelompok ataupun individu. Setelah
penggunaan media “Ular Tangga Fisika” ini diharapkan siswa dapat lebih memahami
materi pelajaran .Berikut desain papan permaianan ular tangga untuk materi Kinematika Gerak Lurus :
B. Cara
penggunaan Media
Media “Ular Tangga Fisika” ini sebaiknya
dimainkan perkelompok (atau perwakilan kelompok) diharapkan siswa dapat
berdiskusi didalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang telah dipersiapkan
untuk setiap kotak ular tangga.
Setelah
semua instrumen disiapkan untuk mendia ini, dimulai dari :
1. Switch : penentuan siapa yang bermain duluan,
guru memberikan satu pertanyaan pembuka.yang bisa menjawab berhak menentukan
urutan permainan anggota.
2. Ketika kotak dadu dilempar, maka :
a. Setiap perwakilan peserta wajib menjawab
pertanyaan pada setiapkolom yang telah dipersiapkan .
b. Untuk jawaban Benar : maka berhak dapat
bintang fisika orange (skor 10)
c. Untuk jawaban salah Salah : minus 2, point
dikurangi.
3. Guru dan peserta memiliki andil untuk menilai
jawaban kelompok yang mendapat pertanyaan. Setiap kelompok berhak menyanggah,
kemudian memberikan jawaban yang tepat. Jika jawaban yang diberikan :
a. Benar : mendapat bintang Merah ( skor 20)
b. Salah : pengurangan skor 1.
4. Setiap pemain yang mendapat tangga untuk naik,
mendapat tambahan skor 5. Jika peserta terkena ekor ular maka jika jawaban pada kolom :
a. Benar keduanya akan dapat bintang merah dan
bintang orange.tanpa pengurangan nlai 2.
b. Benar salah satu dapat bintang merah dan minus
2.Kemudian pertanyaan dilemprkan ke kelompok lain jika ada yang mau jawab.
c. Salah semua, maka akan diberikan nilai minus
5.
5. Apabila kotak yang telah pernah di masuki oleh
kelompok lain, maka pertanyaan dilemparkan oleh kelompok yang telah menjawab
kotak itu ( jika jawaban telah terjawab pada pemain terdahulu), namun jika
pemain terdahulu salah maka pertanyaan serupa akan diberikan lagi atau guru
memberikan pertanyaan alternatif.
C. Konsep
Pertanyaan untuk setiap Kolom
- Berikut Kartu soal untuk setiap kotak pada ular tangga :
1. Start :
mendapat Skor awal 25. Tanpa pertanyaan.
2. Apa yang dimaksud dengan besaran Vektor
??Berikan Contoh ...
3. Suatu kereta api bergerak ke arah utara
sejauh 20km, kemudian bergerak ke timur
sejauh 5km , tentukan besarnya perpindahan dan jarak tempuh kereta api ?
4. Sebutkan besaran Vektor dan Skalar dari Gerak
Lurus ?
5. Sebuah pesat mwnwmpuh jarak sejauh 500 km,
selama 30 menit. Tentukan besarnya kelajuan rata-rata pesawat itu.
6. Apa itu kecepatan sesaat ? Jelaskan
hubunganya dengan selang waktu.
7. Sebutkan rumus untuk percepatan rata-rata da
berikan penjelasan singkat.
8. Jelaskan
secara singkat besaran fisika posisi, jarak, kecepatan dan percepatan
9. Apa yang dimaksud dengan percepatan
sesaat ?
10. Sebuah kereta api melakukan GLB sepanjang
lintasan yang lurus.Pada pukul 12.00 kereta berada pada posisi 20km. Bila
kecepatan kereta adalah 72 km/jam, dimanakah posisi kereta api pada pukul 12.10
?
11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan GLB memiliki
kecepatan konstan ?
12. Ceritakan bagaimana hasil percobaan
menggunakan ticer timer pada GLB ?
13. Bagaimana ketinggian benda / troli saat
percobaan menggunakan ticer timer GLB ?
14. Mengapa kecepataan merupakan vektor ?Jelaskan
menggunkan contoh.
15. Kenapa speedometer digunakan hanya untuk
mengetahui kelajuan sesaat ?
16. Apakah yang menjadi ciri khus GLBB dari gerak
yang lain? Bila ditinjau dari kecepatanya?
17. Apa contoh Gerak Lurus Beraturan dalam
kehidupan sehari –hari ?
18. Sebutkan contoh Gerak Lurus Beraturan dalam
Kehidupan sehari-hari ?
19. Posisi seekor kumbang dinyatakan oleh vektor Bebearapa saat kemudian , posisi kumbang
menjadi . Berapa vektor perpindahan dan besar
perpindahan kumbang ?
20. Ceritakan bagaimana hasil percobaan GLBB menggunakan
ticer timer ?
21. Bagaimana ketinggian benda / troli saat
percobaan menggunakan ticer timer GLBB ?
22. Apa yang dimaksud dengan besaran “posis” dalam
Kinematika gerak lurus?
23. Bagaimanakan bentuk kurva percobaan ticer
timer pada GLBB ?
24. Berikan
persamaan untuk kecepatan sesaat !
25. Posisi sebuah partikel setiap saat dinyatakan oleh persamaan . Tentukan vektor posisi partikel itu.
26. Ceritakan hasil percobaan GLB dengan mengacu
pada hasil grafik yang dihasilkan ?
27. Sebutkan ciri gerak lurus Beraturan ?
28. Bagaimanakan nilai percepatan benda jika
kecepatanya konstan?
29. Bagaimana bentuk Grafik GLBB Dipercepat?
Grafik Kecepatan terjadap waktu .
30. Kenapa kecepatan pada GLBB berubah-ubah?
Kaitkan dengan percobaan ticer timer.
31. Kenapa kecepatan pada GLBB dapat bernilai
positif? Apa maksud dari nilai positif itu?
32. Kenapa percepatan pada GLB itu sama dengan
nol?
33. Berikan contoh gerak Lurus Berubah beraturan
yang kamu ketahui ?
34. Bagaimanakan percepatan motor yang bergerak
dengan kecepatan konstan ?
35. Apa yang dimksud dengan kecepatan sesaat ?
36. Sebutkan syarat suatu benda dikatan Bergerak
Lurus Beraturan ?
37. Berikan contoh GLBB secara umum yang kamu
ketahui ?
38. Sebutkan ciri-ciri garak jatuh Bebas ?
39. Ceritakan hasil percobaan GLB dengan mengacu
pada hasil grafik yang dihasilkan ?
40. Bagaimana bentuk Grafik GLBB Diperlambat?
Grafik Kecepatan terjadap waktu .
41. Bila bulu ayam dan apel di jauhkan dari atas
gedung dengan ketinggian tertentu, menurutmu mana yang terlebih dahulu samapi ke permukaan bumi? Jelaskan !
42. Bagaimanakah nilai grafitasi benda jika berada
pada ketinggian tertentu?
43. Kenapa terjun payung merupakan contoh dari
Gerak Jath Bebas ? jelaskan menggunakan konsep GLBB.
44. Kenapa massa benda tak mempengaruhi pada gerak
jatuh Bebas?
45. Kenapa gerak jatuh bebas termasuk dalam GLBB
?tinjau percepatanya.
46. Sebutkan ciri dari gerak jatuh bebas? Bila di
tinjau dar kecepatan awalnya?
47. Bagaimana cara menentukan nilai percepatan pada gerak jatuh bebas?
48. Berapakah kecepatan sebuah benda saat jatuh
bebas dari ketinggian 5 m saat tepat tiba di tanah (anggap g = 10 m/s2
)?
49. Seekor monyet
menjatuhkan buah durian dari pohonnya (g = 10 m/s2). Dari ketinggian
berapa buah itu dijatuhkan bila dalam 1,5 s buah itu sampai di tanah? Berapa
kecepatan durian itu, 1 s sejak dijatuhkan?
50. Selamat, ada mendapat tambahan point 30 !
Berikut
soal alternatif yang diberikan
:
1. Apa yang membedakan vektor dan jarak
tempuh ?
2. Apakah yang membedaka keceapatan
rata-rata dengan keceatn sesaat ?
3. Bagaimana mencari ketinggian maksimum
pada gerak parabola ?
4. Mungkinkah perpindahan sebuah benda
lebih besar dari pada jarak tempuhnya ? Jelaskan !
5. Percepatan sesaat dari sebuah benda
yang bergerak dengan kecepatan konstan selalu tetap ? Apakah pernyataan ini
benar ?
6. Apakah yang membedakan Gerak Lurus
Beraturan dan Grak Lurus Berubah Beraturan ?
D. Akhir
penggunaa Media
a. Media ini digunakan dengan batasan waktu
tertentu, disesuaikan dengan RPP.
b. Pada saat batas akhir waktu, maka
permaianan dihentikan dan dilakukana perhitungan skor untuk masing-masing
kelompok.
c. Kelompok yang memiliki point skor tertinggi
diberikan penghargaan berupa point nilai dan hadiah yang telah dipersiapkan
oleh guru.
4 komentar:
apaaa iniii??
Media pembelajaran fisika dengan Ular tangga Fisika...
kl boleh tw ini penelitian anda?
menginspirasi, sukses selalu..
Posting Komentar